buku
Image and video hosting by TinyPic

Pandangan Rokok Dalam Islam


 
   Apakah rokok termasuk hal yang dilarang dalam ajaran agama islam? Bacalah Al-Qur’an dengan seksama dan penuh perhatian. Apa yang engkau pahami dari firman Allah S.W.T (dalam 
QS. An-Nissa’ (4): 29): “Dan janganlah kalian membunuh diri kalian sendiri, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepada kalian.”
   Jika kita perhatikan dengan cermat berbagai bahaya yang disebabkan oleh merokok, kita akan menemukan hubungan yang sangat erat antara merokok dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Dalam ayat diatas Allah S.W.T melarang kita untuk bunuh diri, padahal dalam tembakau terdapat zat nikotin, yang secara ilmiah dinyatakan sebagai zat yang akan lebih cepat membunuh manusia dibandingkan dengan arsenic (racun tikus).
   Berikut adalah penuturan singkat tentang bahaya merokok. Menurut fatwa sebagian ulama, hukum merokok adalah makruh, dan terus-menerus melakukan perbuatan makruh adalah haram. Sementara itu kalangan dokter telah menemukan berbagai bahaya yang menakutkan sebagai dampak dari merokok.
   Diantara bahayanya adalah:
·    Penyempitan pembuluh nadi (arteri), bronkhitis.
·    Pembengkakan pada gelembung udara yang ada dalam tubuh.
·    Lemahnya paru-paru (gagal paru-paru)
·    Pembengkakan pada pembuluh nadi paru-paru
·    Merosotnya bilik jantung bagian kanan.
   Disamping itu pula, merokok yang berlebihan akan menyebabkan penyempitan pembuluh nadi kaki, yakni sejenis penyakit yang dikenal dengan sebutan “buerger” (tromboangitis obliteran). Penyakit buerger ini akan mengakibatkan matinya jaringan pada kaki, yang mengharuskan betis diamputasi dan dihilangkannya saraf simpatik.
   Selain bahaya yang menakutkan dan merusak tersebut menurut penelitian ilmiah bahwa merokok juga merupakan salah satu faktor timbulnya rasa lesu dan penyakit bawasir (hemorrhoids). Hal itu sebagai dampak dari seringnya batuk yang biasa menimpa seorang perokok, yang akan melemahkan urat perut, sehingga menjadikannya loyo, juga akn melemahkan urat-urat anus sehingga terjangkit wasir.
   Adapun diantara bahaya perokok bagi perempuan hamil adalah bahwa berat anak yang dilahirkannya akan berada dibawah standar, yakni 170 gr. Dan mungkin pula ia akan melahirkan bayinya secara prematur dan tidak jarang pula yang mengalami keguguran.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fakta dengan judul Pandangan Rokok Dalam Islam. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zulbook.blogspot.com/2012/12/pandangan-rokok-dalam-islam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday 31 December 2012

Belum ada komentar untuk "Pandangan Rokok Dalam Islam"

Post a Comment