buku
Image and video hosting by TinyPic

Berbagai Khasiat Yang Terkandung Dalam Madu Lebah


   Kita akan membahas tentang pengobatan kuratif, yang akan diawali dengan pembahasan tentang madu lebah, sebab Al-Qur’an telah menjelaskan bahwa dalam madu terkandung obat bagi manusia. Allah S.W.T berfirman: “Dan Tuhanmu telah mewahyukan kepada lebah, buatlah sarang-sarang dibukit-bukit, dipohon-pohon kayu, dan ditempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (Kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl (16): 68-69).
   Kedua ayat di atas telah menarik perhatian kalangan dokter dan para peneliti, sehingga mereka mengadakan berbagai penelitian terhadap madu lebah dilaboratorium. Menurut penemuan mereka, dalam madu  lebah terkandung beberapa obat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya adalah caries pada gigi anak dan kebiasaan mengompol pada anak-anak. Madu lebah juga dapat mengobati gangguan sistem saraf, gangguan saluran pernapasan, diabetes (penyakit gula), sakit jantung, sakit ginjal, tumor ganas, reumatik, luka, dan borok. Selain itu, madu juga bisa digunakan untuk menyembuhkan kulit yang mengerut, untuk kosmetik, dan untuk mengobati influenza dan keracunan alkohol.
   Dalam sebuah Hadits dinyatakan bahwa madu dapat menyembuhkan diare dan membersihkan perut seseorang dari sisa-sisa makanan yang membusuk. Ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah Hadits berikut: Dari Abu Sa’id Al-Khudri r.a, ia berkata : “Seorang laki-laki pernah menemui Rasulullah S.A.W dan berkata: ‘Saudaraku menderita diare.’ Rasulullah S.A.W bersabda: ‘Obatilah dengan madu.’ Ia pun mengobati saudaranya. Selang beberapa waktu, dia datang lagi kepada Nabi dan berkata: ‘Saya telah memberinya madu, tapi diarenya malah bertambah parah.’ Dia datang dan berkata demikian sampai tiga kali. Selanjutnya, ia datang lagi untuk ke empat kalinya dan Nabi tetap bersabda: ‘Obatilah dengan madu.’ Ia berkata: ‘Saya telah mengobatinya dengan madu, tapi diarenya malah bertambah parah.’ Rasulullah bersabda: ‘Allahlah Yang Maha Benar dan perut saudaramu itulah yang tidak beres.’ Ia pun memberinya madu lagi dan akhirnya sembuh.
   Telah dinyatakan bahwa madu dapat membunuh berbagai kuman dalam beberapa saat saja. Pernyataan tersebut berdasarkan penelitian seorang dokter dari Amerika bernama Salite. Ia meletakkan berbagai jenis kuman penyakit pada tempat yang tertuang madu murni. Ternyata, kuman-kuman tersebut mati dalam rentang waktu beberapa saat saja.
   Berikut ini dijelaskan berbagai zat dan kandungan yang terdapat didalamnya, agar kita mengetahui materi-materinya, baik yang berupa zat gula, asam organik, enzim, vitamin, protein, unsur-unsur mineral, maupun zat-zat lainnya yang bernilai tinggi dan meiliki manfaat yang besar bagi manusia.
   Menurut hasil temuan para peneliti dan ahli laboratorium, dalam madu terkandung 34% zat gula anggur (glukosa), 40,5% zat gula buah-buahan (fruktosa), 17,7% air, 1,5% gula tebu (sukrosa), 1,1% dekstrine, 1,7 mineral, 0,1% asam, dan 30-40% berbagai zat lain.
   Madu juga mengandung beragam vitamin, yaitu: vitamin B1 thiamin, vitamin B2 riboflavine, vitamin B3 panthothenic, vitamin B5 nicotinic-niasin, vitamin B6 pyridoxin, dan vitamin C ascorbic, dan vitamin K.
   Dalam madu juga terkandung unsur-unsur material lainnya dalam kadar kecil, seperti zat besi, tembaga, magnesium, kalsium, sodium, belerang, potasium, dan fosfor. Sekalipun kadarnya kecil, semuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh.
   Selain itu, dalam madu juga terkandung enzim. Salah satunya adalah enzim invertase yang berfungsi mengubah zat gula ganda menjadi zat gula tunggal untuk memudahkan proses pencernaan. Kedua, enzim amilase, yang berfungsi untuk mengubah zat tepung dan dekstrin menjadi zat gula. Adapun enzim katalase berfungsi untuk mengubah hidrogen menjadi air dan oksigen.
   Dengan demikian, kita dapat mengetahui bahwa madu lebah mempunyai banyak keistimewaan, sebab ia banyak mengandung material yang sangat bermanfaat bagi tubuh, baik dalam proses pencernaan makanan maupun dalam memasok kebutuhan tubuh.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fakta dengan judul Berbagai Khasiat Yang Terkandung Dalam Madu Lebah. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zulbook.blogspot.com/2012/12/berbagai-khasiat-yang-terkandung-dalam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday 31 December 2012

Belum ada komentar untuk "Berbagai Khasiat Yang Terkandung Dalam Madu Lebah"

Post a Comment