buku
Image and video hosting by TinyPic

Jalan Tol Terpanjang didunia

Keberadaan jalan tol dapat meningkatkan efisiensi, mobilitas manusia, dan distribusi produk aneka industri. Pembangunannya yang terstruktur dan masif diyakini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi suatu negara. Berikut ini adalah 3 jalan tol terpanjang di dunia.
 1. Pan American Highway 
jalan-tol-pan-amerika-highway
Jalan Tol Pan Amerika Highway
Pan American Highway adalah  jalan tol terpanjang di dunia yang terbentang dari Alaska di bagian utara Amerika menyusuri Meksiko hingga berakhir di bagian selatan Cile, negara di ujung Amerika Selatan. Tidak kurang dari 25 negara, 17 di antaranya ibu kota negara-negara Amerika Latin, dilalui oleh jalur bebas hambatan yang total panjangnya mencapai 47.516 kilometer ini. Jalan ini melalui Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Chili, dan Argentina.
Bagi sebagian warga di Amerika Latin, Pan American Highway tak ubahnya jalan sutra Amerika karena jalur ini menghidupkan akses ekonomi antar-negara-negara di benua itu.
Jalan raya ini sebenarnya adalah sistem atau kesatuan jalan-jalan yang membentang dari perbatasan America Serikat-Meksiko hingga ke bagian selatan Cili. Jalan raya ini juga menghubungkan pantai timur dan pantai barat Amerika Selatan. Pan-American Highway seringkali dianggapkan meliputi juga jalan-jalan yang melalui Amerika Serikat bagian barat dan Kanada hingga ke Alaska, tetapi sebenarnya tidak ada satu pun negara yang secara resmi menyatakan jalan rayanya sebagai bagian dari sistem Pan-American Highway ini.
2. Australia’s Highway

Jalan Tol Australia’sHighwayjALAN
Jalan Tol Australia’s Highway
Seperti halnya Pan American Highway, jalan bebas hambatan yang beroperasi di benua paling selatan di dunia ini, Australia, sejatinya adalah sistem atau kesatuan jalan-jalan yang membentang mengelilingi seluruh negara bagian Australia. Tidak kurang dari satu juta orang menggunakan jalan tol dengan panjang mencapai 14.500 kilometer ini untuk aktivitas mereka sehari-hari.
Sejak tahun 1955, Administratur Rute Nasional Australia melahirkan terobosan sistem penomoran jalur antar-negara bagian untuk mempermudah pengaturan lalu lintas. Jalur Sydney-Melbourne adalah jalur yang mendapatkan kehormatan menyandang identitas jalur Highway 1. Tidak hanya itu, jalur ini juga dikenal sebagai  jalur Prince of Wales. Pemberian nama itu sebagai wujud penghormatan kepada Pangeran Wales yang pernah berkunjung ke sana pada  tahun 1920-an.
3. Trans Siberian Highway

jalan-tol-trans-siberians
Jalan Tol Trans Siberians
Setelah Amerika dan Australia, Rusia ternyata juga memiliki jalan tol panjang yang layak dibanggakan ke hadapan komunitas global. Adalah Trans Siberian Highway, jalan tol yang terbentang menghubungkan Rusia bagian utara hingga menuju bagian tenggara negara itu yang berbatasan dengan Laut Jepang dan Samudra Pasifik. Panjang jalan bebas hambatan ini mencapai 11.000 kilometer. Dua kota yakni St.  Petersburg dan Vladivostok menjadi dua ikon kota yang menghubungkan awal dan akhir jalan tol kebanggaan Negara Beruang Merah itu.
Trans Siberian Highway ini melewati 10 zona waktu (+3 s/d +10 GMT). Di jalur Asian Highway Network, jalur Trans Siberia ini dikenal dengan nama AH6. Ada sebuah urban-legend menarik yang berhubungan dengan jalan ini. Di suatu tempat yang dilalui jalan ini dikatakan terdapat sebuah jalur berbentuk semi-lingkaran aneh yang memutus jalur lurus jalan ini. Hal ini terjadi dikarenakan ketika Stalin masih menjadi penguasa, ia sendiri yang menggambar peta jalan Trans Siberia dan saat menggambar tanpa sengaja pensilnya tersenggol dan gambar peta jalan tersebut tercoret sedikit. Karena ketakutan dan berada di bawah ancaman, para pekerja yang membangun jalan ini pun membuat jalur yang persis ada pada gambar yang tidak disengaja salah tadi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori W.O.W dengan judul Jalan Tol Terpanjang didunia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zulbook.blogspot.com/2013/05/jalan-tol-terpanjang-didunia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday 24 May 2013

2 komentar untuk "Jalan Tol Terpanjang didunia"

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2QSlT3e

      Delete