buku
Image and video hosting by TinyPic

Singkarkan Barca, Madrid Melangkah ke Final Copa del Rey


Barcelona harus mengubur hasrat mereka untuk lolos ke final Copa del Rey setelah dikalahkan Real Madrid dengan skor 3-1 pada leg kedua semifinal Copa del Rey di stadion Nou Camp, Rabu (27/2) dini hari WIB. Cristiano Ronaldo menjadi bintang dalam laga tersebut dengan mencetak dua gol Madrid, sedangkan satu gol lagi dicetak oleh Raphael Varane. Sementara gol balasan Barca dicetak Jordi Alba.

Tampil di kandang sendiri, Barca langsung menggebrak sejak awal laga. Dari sisi kiri pertahanan Madrid, Pedro Rodriguez mengirim umpan cantik ke Lionel Messi. Bintang Barca itu hampir saja merobek gawang Madrid, kalau tendangan mendatarnya tidak melebar di kanan gawang.

Madrid justru unggul lebih dahulu lewat titik putih pada menits ke-13. Penalti didapat Madrid setelah Gerard Pique melanggar Ronaldo di kotak terlarang. Ronaldo yang maju sebagai algojo tak menyianyiakan kesempatan tersebut untuk membobol gawang Barca yang dikawal Jose Manuel Pinto.

Tertinggal, Barca menggempur pertahanan Madrid. Pada menit ke-15, Cesc Fabregas dijatuhkan Alvaro Arbeloa di dalam kotak penalti. Namun, wasit tak menilainya sebagai pelanggaran sehingga laga dilanjutkan.

Madrid membalas pada menit ke-20. Ronaldo berhasil melakukan penetrasi ke pertahanan Barca. Sayang, tembakannya masih bisa diamankan Pinto.

Lima menit berselang, Fabregas lolos dari jebakan offside. Dari sisi kanan pertahanan El Real, Cesc mengirimkan umpan ke depan gawang, namun bola masih bisa dihalau Ramos.

Barca terus menggempur pertahanan Madrid. Menit ke-35, Alves mengirim umpan dari sayap kanan, Lopez berlari sambil melompat guna memotong umpan dari pemain asal Brazil tersebut.

Tuan rumah nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-38. Mendapat tendangan bebas di depan kotak pinalti Madrid setelah Arbeloa melanggar Messi. Namun bola sepakan Messi masih melenceng tipis disamping gawang Lopez.

kendati beberpa kali mennciptakan peluang berbahaya, namun rapatnya barisan pertahanan Madrid membuat Barca tak kunjung bisa menyamakan kedudukan hingga babak pertama berkahir.

Tak mau kalah di kanang, Barca kian menaikan agresivitas serangan di babak kedua. Namun justru Madrid yang terlebih dahulu membuka peluang di babak kedua ini.

Pada menit ke-49, Coentrao yang melakukan over lap ke jantung pertahanan Blaugrana lolos dari jebakan offside. Bek asal Portugal itu menendang bola dari dalam kotak pinalti, tapi Pinto dengan sigap melakukan penyelamatan.

Semenit berselang, aksi penyelamatan gemilang dilakukan oleh Lopez. Dia berhasil menepis tendangan keras Busquest dari luar kotak pinalti. Bola liar ke arah Fabregas langsung disapu oleh Ramos.

Asyik menyerang membuat lini belakang Barca sedikit kehilangan konsentrasi. Pada menit ke-57 Ronaldo kembali mencatatkan namanya di papan skor sekaligus merubah kedudukan menjadi 2-0.

Gol tersebut berawal dari serangan balik cepat, bola diarahkan Khedira ke Di Maria, winger Argentina itu berlari cepat hingga ke arah kotak penalti, mengecoh Puyol dan menendang ke arah gawang. Meskipun sepakan Di Maria masih bisa dimentahkan Pinto, namun bola liar bisa dikuasai Ronaldo dan dengan tenang menceploskan bola ke gawang Barca.

Tertinggal dua gol para punggawa Barca agak sedikit tertekan. Kendati terus menguasai jalannya pertandingan dan berhasil menciptakan beberapa peluang, namun disiplinnya barisan belakang Madrid membuat Barca tak kunjung bisa mencetak gol balasan.

Bukannya memperkecil kedudukan, Barca malah kian tertinggal pada menit ke-68. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Ozil, Varane melompat tinggi untuk menyambut bola. Dia berhasil menanduk bola ke gawang, Pinto hanya melihat bola bergulir masuk ke jalanya. Madrid menjauh 3-0, kini agregat menjadi 4-1.

Unggul tiga gol Madrid sudah merasa aman. Jose Mourinho pun melakukan beberapa pergantian pemain untuk memperkuat lini belakangnya yang terus digempur tuan rumah.

Barca yang harus menciptakan empat gol untuk meraih tiket ke final berusaha keras menciptakan peluang. Usaha mereka membuahkan hasil setelah Jordi Alba menaklukkan Lopez pada menit ke-88. Alba yang menguasai umpan Iniesta berhasil merangsek ke dalam kotak penalti dan menyarangkan bola di sisi kiri gawang Lopez.

Namun, gol Alba tidak bisa menolong Barca dari kekalahan karena Madrid berhasil menutup dengan skor 3-1.

Dengan kemenangan ini, Madrid berhak lolos ke babak final dan akan menantang pemenang antara Sevilla dan Atletico Madrid yang baru akan melakoni leg kedua semifinal malam nanti.(RM)

Susunan pemain:

Barcelona: Jose Pinto, Daniel Alves, Carles Puyol, Gerard pique, Jordi Alba, Xavi, Sergio Busquets, Cesc Fabregas, Pedro, Andres Iniesta, Lionel Messi.

Real Madrid: Diego Lopez, Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, Raphael Varane, Fabio Coentrao, Xabi Alonso, Sami Khedira, Angel Di Maria, Mesut Ozil, Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Seputar Olahraga dengan judul Singkarkan Barca, Madrid Melangkah ke Final Copa del Rey. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zulbook.blogspot.com/2013/03/singkarkan-barca-madrid-melangkah-ke.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Saturday 2 March 2013

Belum ada komentar untuk "Singkarkan Barca, Madrid Melangkah ke Final Copa del Rey"

Post a Comment